Kata Penghubung Klausa Pembuatan Kalimat Bahasa Jerman

kata penghubung klausa pembuatan kalimat bahasa jerman
Klausa Bahasa Jerman

ISI ARTIKEL

klausa Bahasa Jerman

Klausa dependen tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat, mereka selalu membutuhkan klausa utama, yang mereka andalkan. Kita biasanya dapat mengenali klausa dependen dalam bahasa Jerman dengan fakta bahwa kata kerja finite berada di akhir klausa.

Contoh:
Ich weiß nicht, ob er dir hilft
Saya tidak tahu apakah dia akan membantu Anda.

Catatan:
Jika klausa dependen berada di awal kalimat, sebelum klausa utama, maka klausa utama dimulai dengan finite verb (karena klausa dependen berada di posisi pertama).

Contoh:
Ob er dir hilft, Weiß ich nicht.
Apakah dia akan membantu Anda, saya tidak tahu

Kita harus memperhatikan berbagai hal ketika kita menggunakan berbagai jenis klausa dependen. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan setiap jenis klausa dependen di halamannya sendiri.

Konjungsi
Kita dapat menggabungkan klausa bersama-sama dengan menggunakan kata penghubung (und), subjungsi (wenn), dan kata keterangan konjungsi (darum). Setiap jenis kata penghubung membutuhkan struktur kalimat yang berbeda dalam bahasa Jerman.

Contoh:
-Sie ist Schweizerin und er ist sterreicher
Dia orang Swiss dan dia orang Austria
-Wir lernen viel deutsch, wenn wir nach Deutschland fahren
Kami belajar banyak bahasa Jerman ketika kami pergi ke Jerman
-Ich will Deutsch lernen, darum mache ich Urlaub in Deutschland
Saya ingin belajar bahasa Jerman, makanya saya berlibur ke Jerman


Pertanyaan tidak langsung (Indirect Question)

IndirectQuestions adalah pertanyaan yang termasuk dalam struktur kalimat lain, biasanya datang setelah Frase pengantar tertentu

Contoh:
-Er will wissen, wie spät es ist
Dia ingin tahu jam berapa sekarang
-Ich weiß nicht, wo mein Handy ist
Saya tidak tahu di mana ponsel saya
- Es würde mich interessieren, ob er uns morgen besuchen kommt
 Saya akan tertarik jika dia datang mengunjungi kami besok

Klausa Infinitif(Infinitive Clauses)
Setelah frasa tertentu, kami suka menggunakan konstruksi infinitif dalam bahasa Jerman. Biasanya kami menambahkan "zu" atau "umzu" ke ini

Contoh:
-Ich bin froh, das zu hören
Saya senang mendengar ini
-Er hat das getan, um uns zu helpen
Dia melakukan ini untuk membantu kita

Klausa Partisip(Participle Clauses)
Klausa Perticiple adalah klausa dependen yang menggunakan present atau past participle. Anda tidak akan sering melihatnya dalam bahasa Jerman

Contoh:
-Die Nachricht Hörend memulai sie zu jubeln
Mendengar berita memulai mereka bersorak
-Den Zug erreicht, atmete er erleichtert auf
Di kereta dia menghela nafas lega

Klausa relatif(Relative Clauses)
Dengan relative clause, kita dapat memberikan informasi tambahan tanpa harus memulai kalimat baru. Dalam bahasa Jerman, klausa relatif selalu diawali dengan koma.

Contoh:
-Das ist der Junge, der hier wohnt
Ini adalah anak laki-laki yang tinggal di sini
-Das Ist der Junge, den Ich sehr mag
Ini adalah anak laki-laki yang sangat saya sukai
-Das ist Junge, dem Ich di Mathe helfe
Ini adalah anak laki-laki yang saya bantu dengan matematika
-Das ist der Junge, dessen Eltern Schauspieler sind
Ini adalah anak laki-laki yang orang tuanya adalah aktor

Klausa conditional menunjukkan bahwa suatu tindakan terjadi di masa sekarang,  masa depan, atau akan terjadi di masa lalu hanya dalam kondisi tertentu.

Contoh:
Wenn das Wetter morgen schön ist, gehen wir baden.
Jika cuacanya bagus besok, kita akan pergi berenang.

Kalimat tidak langsung(Indirect Speech)

Ketika kami melaporkan apa yang dikatakan orang lain, kami biasanya tidak mengutip mereka kata demi kata (ucapan langsung) melainkan hanya memberikan inti dari apa yang mereka katakan-kami menggunakan ucapan tidak langsung.

Contoh:
Er erzahlte, er habe Urlaub in der Schweiz gemächt
Dia bilang dia sedang berlibur di Swiss

Klausa Infinitif(Infinitive Clauses)
Dalam bahasa Jerman ada frase tertentu setelah itu kita biasanya menggunakan klausa infinitif. Menggunakan klausa infinitif dengan um, zu, kita dapat mengungkapkan tujuan atau maksud dari suatu tindakan.

contoh:
- Ich habe vor, mit dem Tennispielen zu beginnen. Ich bin gekommen, um mir einen guten Tennischläger zu kaufen
Saya berencana untuk mulai bermain tenis. Saya datang untuk membeli raket tenis yang bagus
-Ich bin hier, um Ihnen Zu helfen. Ich empfehle Ihnen, einen Schläger fur Anfänger zu nehmen
Aku di sini untuk membantu. Saya sarankan Anda mengambil raket pemula.
-Aber ich hoffe, bald wie ein Profi spielen zu können
Tapi saya berharap bisa bermain seperti pro segera
-Sie müssen erst einmal lernen, den Ball zu treffen. Wie ein profi zu spielen, Ist nahezu unmöglich. Um so gut zu werden, haben die Profis viele Jahre Lang jeden Tag Trainiert.
Anda harus belajar memukul bola terlebih dahulu. Bermain seperti pro hampir tidak mungkin. Untuk mendapatkan yang baik, pro dilatih setiap hari selama bertahun-tahun


Pemakaian
Kami menggunakan klausa infinitif setelah kata dan frasa tertentu (lihat daftar di bawah)

Contoh: vorhaben
- Ich habe vor, mit dem Tennisspielen zu beginnen
Saya berencana untuk mulai bermain tenis.

Klausa infinitif umumnya muncul setelah klausa utama, tetapi kadang-kadang bisa muncul di awal kalimat.

Contoh:
-Wie ein Profi zu spielen, ist nahezu unmöglich
Bermain seperti pro praktis tidak mungkin

Klausa infinitif biasanya merujuk pada subjek klausa utama.
Contoh:
-Sie müssen erst einmal lemen, den Ball zu treffen
Pertama, Anda harus belajar memukul Bola

Tetapi dengan kata dan frasa tertentu, klausa infinitif mengacu pada objek.
Contoh: emfehlen
-Ich empfehle Ihnen, einen Schläger für Anfänger zu nehmen.
Saya sarankan kepada Anda untuk membeli raket untuk pemula.

Jika kita ingin menyatakan maksud atau tujuan dari suatu tindakan, kita menggunakan um zu. Dalam hal ini klausa infinitif selalu mengacu pada subjek.

Contoh:
-Ich bin gekommen, um mir einen guten Tennisschläger zu kaufen.
Saya datang untuk membuat sendiri raket tenis yang bagus
-Um so gut zu werden, habendie Profis viele Jahre lang jeden Tag trainiert
Untuk menjadi sebaik itu, para profesional berlatih setiap hari selama bertahun-tahun.

Konstruksi
Kami menambahkan kata zu ke infinitif kata kerja theee, dan meletakkan kedua kata ini di akhir klausa infinitif.

Contoh:
-Ich kann bald wie ein Profi spielen->Ich hoffe, bald wie ein Profi spielen zu Können
Saya akan segera bisa bermain seperti pro->Saya berharap bisa bermain seperti pro segera.
-Kaum jemand spielt wie ein Profi->Wie ein Profi zu spielen, ist nahezu unmöglich
 Hampir tidak ada orang yang bermain seperti pro->Bermain seperti pro hampir tidak mungkin.

Namun, jika menggunakan um zu, um ditempatkan di awal klausa infinitif.
Contoh:
Ich bin hier, um Ihnen zu helfen
saya di sini untuk membantumu

Catatan
Dalam kasus kata kerja yang dapat dipisahkan, zu ditempatkan di antara dua bagian kata kerja.

Contoh:
anziehen->anzuziehen
                 Kennenlernen->kennenzulernen

Kata dan Frasa

Ada kata-kata dan frasa tertentu yang setelahnya kita sering menggunakan klausa infinitif dapat merujuk pada subjek atau objek dari klausa utama, atau dapat berupa frasa impersonal.

Klausa Infinitif Mengacu pada Subjek
Kata kerja sederhana:

Contoh:
-Die kundin beabsichtigt, mit dem Tennisspielen zu beginnen
Pelanggan bermaksud untuk mulai bermain tenis.
-Sie hoft, bald wie ein Profi spielen zu können
Dia berharap bisa bermain seperti pro segera.

Jerman- Indonesia
beabsichtigen-bermaksud
Beschließen-memutuskan
Dazu neigen-cenderung
Dazu tendieren-cenderung
Drohen-mengancam
geloben-bersumpah
Glauben-percaya
Hoffen-untuk berharap
Jemandem anbieten-tawarkan kepada seseorang
lernen-belajar
Schwören-bersumpah
Vereinbaren-mengatur
Vorhaben-proyek
Vergessen-untuk dilupakan
Versäumen-rindu
Versprechen-janji
Versuchen-untuk mencoba
Vortäuschen-berpura pura
Vorziehen-lebih suka
Wagen-berani
Zögern-ragu ragu

Kata Kerja Reflektif
Contoh:
-Der Vankäufer mach sich daran, die Kundin zu beraten
Penjual mulai menasihati pelanggan
-Ich kann es mir nicht leisten, bei einem berühmten Tennisspieler zu trainieren
Saya tidak mampu berlatih dengan pemain tenis terkenal famous

Jerman- Indonesia
Sich bereit erklären-nyatakan dirimu siap
Sich daranmachen-langsung saja
Sich entscheiden-memutuskan
Sich erinnern-untuk mengingat
Sich leisten (datif)-mampu
Sich sehn-merindukan
Sich trauen-berani
Sich verpflichten-untuk berjanji pada diri sendir
Sih Wagen (datif)-berani
Sich weiger-menolak

Kata sifat dan Participle Digunakan sebagai Kata Sifat
Contoh:
Die Kundin ist entschlossen, bald wie ein Profi zu spielen
 Pelanggan bertekad untuk bermain seperti pro segera
-Der Verkäufer ist überrascht, das zu hören
Penjual itu terkejut mendengar ini

Jerman- Indonesia
Bemüht-mencoba
Bestrebt-berusaha
beunruhigt-cemas
Entschlossen-bertekad
Enttäuscht-kecewa
Erfreut-senang
Erleichtert-difasilitasi
Froh-senang
Traurigo-sedih
Ãœberrascht-terkejut

Frase kata benda
Contoh:
-Ich habe die Absicht, bald so gut wie ein Profi zu spielen
Saya memiliki niat untuk bermain serta pro segera
-Sie hat die Neigung, sehr ehrgeizig zu sein
Dia memiliki kecenderungan untuk menjadi sangat ambisius

Jerman- Indonesia
Die Absicht haben-punya niat
Das Angebot-penawaran
Machen/annehmen-lakukan/terima
Di Betracht ziehen-mempertimbangkan
Die Drohung aussprechen-buat ancaman
Die Entscheidung treffen-buat keputusan
Den Entschluss fassen-untuk memutuskan
Die Hoffnung haben-punya harapan
Die Neigung haben-memiliki kecnderungan
Die Notwendigkeit sehen-lihat kebutuhannya
Die Vereinbarung treffen-buat kesepakatan
Das Versprechen geben-membuat janji
Den Versuch unternehmen-cobalah
Vorbereitungen treffen-buat persiapan

Klausa Infinitif Mengacu pada Objek
Kata kerja dengan Objek Akusatif
Contoh:
-Die Kundin bittet den Verkaüfer, sie zu beraten
Pelanggan meminta penjual untuk menasihatinya
-Der Verkaüfer hat die Kundin überredet, einen Schläger für Anfänger zu kaufen
Penjual meyakinkan pelanggan untuk membeli raket pemula

Jerman-Indonesia
Dazu Bringen-membawa kepada
einladen-undang
Ermutigen-mendorong
Erinnern-penarikan
Lehren-untuk mengajar
berreden-membujuk
berzeugen-meyakinkan
Zwingen-untuk memaksa

Kata kerja dengan Objek Dative
Contoh:
-Ein Freundwill mir beibringen, Tennis zu spielen
Seorang teman ingin mengajari saya bermain tenis
-Der Verkäufer Rät der Kundin, einen Schläger für Anfänger zu nehmen
Penjual menyarankan pelanggan untuk memilih raket pemula

Jerman-Indonesia
Befehlen-peintah
beibringen-mengajar
emfehlen-sarankan
ermöglichen-memnungkinkan
erlauben-mengijinkan
gelingen-keberhasilan
gestatten-mengijinkan
helfen-membantu
leichfallen-mudah jatuh
raten-menilai
verbieten-melarang

Klausa Infinitif Mengacu pada Bentuk Impersonal
Kami biasanya menggunakan kata sifat berikut dengan bentuk impersonal es (dalam arti manusia)
Contoh:
-Es ist nahezu unmöglich, wie ein Profi zu spielen
Hampir tidak mungkin untuk bermain seperti seorang profesional
-Mann kann nicht wie ein Profi spielen
Seseorang tidak bisa bermain seperti pro

Jerman-Indonesia 
Egoistisch-egois
Gerecht-adil
Klug-pintar
Kompliziert-rumit
Leicht-cahaya
Mutig-berani
Schwierig-sulit
Sinnlos-tak berarti
Traurig-sedih
Unangenehm-tidak menyenangkan
Unmöglich-mustahil

Klausa relatif
Dengan klausa relatif, kami dapat memberikan informasi tambahan tanpa harus memulai kalimat baru. Dalam bahasa Jerman, klausa relatif selalu diawali dengan koma.

Das sind die Freunde, mit denen ich viel Zeit verbringe. Bodo, den ich schon ewig kenns, ist sehr lustig. Toni, der eine Brille trägt. Geht in meine Klasse. Linda, deren Lächein bezaubernd ist, kann toll tanzen.
Ini adalah teman-teman yang sering saya habiskan bersama. Bodo, yang sudah lama saya kenal, sangat lucu. Toni, yang memakai kacamata. Pergi ke kelas saya. Linda, yang senyumnya menawan, pandai menari.

Pemakaian
Klausa relatif mencakup informasi tambahan tentang subjek atau objek. Mereka umumnya datang langsung setelah subjek/objek yang mereka rujuk-ini bisa di akhir klausa utama, atau di tengah kalimat.

Nominative
-Toni, der eine Brille trägt, geht in meine Klasse.
Toni, yang memakai kacamata, ada di kelasku
-Toni trägt eine Brille-Wer?
Toni memakai kacamata-Siapa?

Genetive
-Linda, deren Lächein bezaubernd ist, kann toll tanzen
Linda, yang senyumnya mempesona, bisa menari dengan baik
-Linda Läheln ist bezaubernd-Wessen Lächeln?
Senyum Linda mempesona-Senyum siapa?

Dativ
-Das sind die Freunde, mit denen ich viel Zeit verbringe
Ini adalah teman-teman dengan siapa saya menghabiskan banyak waktu
-Mit den Freunden verbringe ich viel Zeit-Mit wem?
Saya menghabiskan banyak waktu dengan tesis teman-teman dengan siapa?

Akusatif
-Bodo, den ich schon ewig kenne, ist sehr lustig
Bodo, yang saya kenal selamanya, benar-benar lucu
-Bodo kenne Ich schon ewig-Wen?
Saya kenal bono Forever_whom?

Konstruksi
Kami menggunakan kata ganti relatif atau kata keterangan relatif untuk membentuk klausa relatif.

Kata ganti relatif
Kata ganti relatif mendapatkan infleksi. Ini berarti mereka berubah bentuk sesuai dengan jenis kelamin dan jumlah kata benda yang mereka rujuk.

 

Nominative

Genitive

Dative

Accusative

Masculine(m)

Der/welcher

dessen

Dem/welchem

Den/welchen

Feminine(f)

Die/welche

Deren

Der/welcher

Die/welche

Neuter(n)

Das/welches

Dessen

Dem/welchem

Das/welches

Plural(p)

Die/welche

Deren

Denen/welche

Die/welche


Dengan kasus yang kita gunakan tergantung pada apakah kata ganti relatif menggantikan  subjek atau objek dalam klausa relatif. Tapi jangan lupa bahwa kita sering harus menggunakan kasus yang berbeda dalam klausa relatif daripada di klausa utama.

Contoh:
-bodo, den ich schon ewig kenne, ist sehr lustig
bodo, yang sudah lama kukenal, sangat lucu
-Bodo ist sehr lustig (Wer? -nominatif dalam klausa utama)
Bodo sangat lucu
-Bodo kenne ich schon ewig (Wen? -akusatif dalam klausa relatif)
Bodo yang sudah lama kukenal

Penggunaan Kata Ganti relatif
Dalam percakapan sehari-hari, kita biasanya lebih suka menggunakan kata ganti relatif der/die/das.
Welcher/welche/welches kebanyakan digunakan untuk menghindari pengulangan kata yang sama.
Contoh:
-Das ist die Frau, die die Post austrägt
Itu adalah wanita yang mengantarkan surat.
sebaiknya: 
das ist die Frau, welche die Post austrägt
Itu adalah wanita yang mengantarkan surat

Sebuah preposisi bisa datang sebelum kata ganti relatif
Contoh:
Das sind die Freunde, mit denen ich viel Zeit verbringe
Ini adalah teman-teman dengan siapa saya menghabiskan banyak waktu.

Kata keterangan relatif(relative Pronouns)
Kata keterangan relatif tidak berubah bentuk. Mereka sering merujuk ke seluruh klausa. Beberapa kata keterangan relatif adalah was, wo, womit, wofür, worüber
Contoh:
-Er sprict fünf Fremdsprachen, was mich sehr beeindruckt
Dia berbicara lima bahasa asing, yang benar-benar membuat saya terkesan
-Ich warte dort, wo wir uns immer treffen
Aku akan menunggu disana dimana kita selalu bertemu
-Christian untersrtüzte mich, wofür ich ihm sehr dankbar bin
Christian mendukungku, untuk itu aku sangat berterima kasih padanya
-Sybille besuchte uns, worüber wir uns sehr freuten
Sybille mengunjungi kami, yang membuat kami sangat senang

Klausa Bersyarat(Conditional Clauses)

Klausa bersyarat menyatakan bahwa suatu tindakan hanya terjadi di bawah kondisi tertentu
Mutter:” Markus, ich will heute Nachmittag einen Kuchen backen, Kannst du mir helfen?”
Ibu: "Markus, saya ingin membuat kue sore ini, dapatkah Anda membantu saya?"
Markus:” Wenn ich heute Nachmittag Zeit habe, helfe ich dir”
Markus: "Jika saya punya waktu sore ini, saya akan membantu Anda"
Mutter:” Markus, kannst du mir beim Kuchenbacken helfen?”
Ibu: "Markus, bisakah kamu membantuku membuat kue?"
Markus:” Wenn ich Zeit hätte, würde ich dir helfen. Aber ich muss noch Hausaufgaben machen
Markus: “Jika saya punya waktu, saya akan membantu Anda. Tapi saya masih memiliki pekerjaan rumah yang harus dilakukan
Mutter:” Jetzt ist der Kuchen Fertig. Du woltest mir doch helfen!?”
Ibu: “Sekarang kuenya sudah siap. Anda ingin membantu saya!?"
Markus:” Wenn ich Zeit gehabt hätte, hätte ich dir geholfen, Aber meine Hausaufgaben
Markus: “Jika saya punya waktu, saya akan membantu Anda, tetapi pekerjaan rumah saya

Kondisi Nyata (Real Condition)
Di sini, kami menggambarkan suatu kondisi yang kami yakini telah terpenuhi, atau dapat dipenuhi (Mungkin saya akan punya waktu nanti). Di kedua bagian kalimat, kami menggunakan present tense.
Contoh:
-Wenn ich Zeit hätte, würde ich dir helfen
Jika saya punya waktu, saya akan membantu Anda
-Wenn ich Zeit hätte, hülfe/hälfe ich dir
Jika saya punya waktu, saya akan membantu Anda

Kondisi Tidak Nyata (Masa Lalu) (Unreal Condition (Past))
Di sini, kami menggambarkan kondisi yang tidak terpenuhi di masa lalu (saya tidak punya waktu). Di kedua bagian kalimat, kami menggunakan subjungtif II (konjuntiv II) untuk situasi di masa lalu.
Contoh:
Wenn ich Zeit gehabt hätte, hätte ich dir geholfen
Jika saya punya waktu, saya akan membantu Anda

Catatan tentang Konstruksi (Notes on the Construction)
Kondisi (memiliki waktu) terletak di klausa dependen dan dimulai dengan wenn. Wenn adalah subjungsi-kata kerja terbatas harus berada di akhir klausa (lihat daftar konjungsi dan konstruksi kalimat)
Contoh:
-Wenn ich Zeit habe
Jika saya punya waktu
-Wenn ich Zeit hätte
Jika saya punya waktu
-Wenn ich Zeit gehabt hätte
Jika saya punya waktu

Tindakan yang bergantung pada kondisi (membantu) terletak di klausa utama. Jika klausa dimulai dengan suatu kondisi (klausa dependen), Subjek dari klausa utama muncul setelah kata kerja terbatas.
Contoh:
-Ich helfe dir, wenn ich Zeit habe
Saya akan membantu Anda, Jika saya punya waktu
-Wenn Ich Zeit habe, helfe ich dir
Jika saya punya waktu, saya akan membantu Anda

Klausa Bersyarat II (Conditional Clauses II)
Kita dapat menghubungkan klausa menggunakan konjungsi, subjungsi, dan kata keterangan konjungsi. Namun, ketika melakukan ini, kita harus selalu memperhatikan struktur kalimat.
- Kerstin ist glücklich, denn sie hat Urlaub
Kerstin senang karena dia sedang berlibur
-Sie macht Urlaub an der Nordsee, weil sie das Meer liebt
Dia sedang berlibur di Laut Utara karena dia mencintai laut
-Sie will den Sonneuntergang sehen, deshalb ist sie Jetzt am Strand
Dia ingin melihat matahari terbenam, itu sebabnya dia ada di pantai sekarang

Konstruksi
Dalam klausa yang diintroduksi oleh konjungsi, struktur kalimatnya persis sama dengan klausa utama biasa (konjungsi+subjek+kata kerja berhingga+..)
Beberapa contoh konjungsi adalah: aber, denn, oder, und
Contoh:
Kerstin ist glücklich, denn sie hat Urlaub
Kerstin senang, karena dia sedang berlibur

Subjuntion  (Subjunstions)
Dalam klausa yang diawali dengan subjungsi, verba berhingga ditempatkan di akhir kalimat (subjungsi+subjek+..+verba finit)
Contoh:
Sie macht Urlaub dan der Nordsee, weil sie das Meer liebt
Dia berlibur di Laut Utara, karena dia mencintai laut

Kata keterangan konjungsi (Conjunctional adverbs)
Dalam sebuah klausa yang diperkenalkan oleh aa conjuntional adverb, finite verb berada sebelum subject (conjuntional adverb+finite verb+subject+..)
Contoh:
Sie will den Sonnenun tergang sehen, deshalb ist sie jetz am Strand
Dia ingin melihat matahari terbenam, jadi dia ada di pantai sekarang
  
Gambaran
Konjungsi (Conjunctions)
Struktur Kalimat: “Konjungsi+subjek+kata kerja terkonjugasi+…”
Contoh:
Kerstin ist glücklich, denn sir hatUrlaub
Kerstin senang karena dia sedang berlibur

list: aber, denn, doch, oder, sondern, und
Daftar: tetapi, karena, tetapi, atau, tetapi, dan


Subjungsi  (Subjunction)
Struktur Kalimat: “subjungsi+subjek+kata kerja terkonjugasi”
Contoh:
Sie macht Urlaub an der Nordsee, weil sie das Meer liebt
Dia sedang berlibur di Laut Utara karena dia mencintai laut

list: bevor, bis, da, sialan, dass, ehe, jatuh, Indem, nachdem, wohl, seit, seitdem, sodass, solange, sooft, während, weil, wenn, wohingegen
Daftar:  sebelum, sampai, di sana, sial itu, sebelum, jika, oleh, setelah, mungkin, sejak, sejak itu, sehingga selama begitu sering, selama, karena, jika, sedangkan

Kata keterangan konjungsi (Conjuntional Adverbs)
Struktur Kalimat” Kata Keterangan Konjungsi+kata kerja terkonjugasi+subjek+…”
Contoh:
Sie will den Sonnenuntergang sehen, deshalb ist siejetz am Strand
Dia ingin melihat matahari terbenam, jadi dia ada di pantai sekarang

list: allerdings, aslo, andereseits, anschließend, außerdem, dabei, dadurch, dafür, degegen, damit, danach, dann, darauf, darum, davor, dazu, deshalb, deswegen, einerseits, ferner, folglich, genause, immerhin,, inzwischen, jedoch, schließlich, seitdem, später, trotzdem,vorher, weder..noch, zuvor, Zwar

daftar: namun, juga, di sisi lain, setelah itu, selanjutnya, dengan demikian, untuk itu, melawan, dengan itu, setelah itu, kemudian, di atasnya, untuk itu, sebelum, di samping itu, oleh karena itu, oleh karena itu, di satu sisi, selanjutnya , akibatnya, persis, setelah semua, sementara itu , bagaimanapun, setelah semua, sejak itu, nanti, bagaimanapun, sebelum, tidak ... atau, sebelumnya, Benar

   Terimakasih telah membaca artikel Kata Penghubung Klausa pada Kalimat Bahasa Jerman semoga membantu anda yang sedang mencari dan mendalami Bahasa Jerman, Mohon saran dan pendapat nya di kolom komentar apakah artikel ini membantu. 

Danke Schon.
Terima Kasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama